Tuesday, October 9, 2012

GRAFIK ORGANIZER

Grafik organizer adalah media pembelajaran yang mengordinasikan ide-ide dan konsep-konsep kedalam bentuk visual. Grafik organizer terbuat dari garis-garis, panah-panah dan lingkaran yang menampilkan hubungan antar ide pokok. Membantu siswa mengorganisasikan pikiran, pengetahuan dan ide mereka. Grafik organizer diperkenalkan sebagai pengorganisasian lanjutan,yaitu sebelum tugas belajar atau sebagai bagian penutup, dan setelah menyampaikan materi pembelajaran. 

 
Menilik kembali penelitian tahun 1980 sampai 1991 hudson, lignugaris-kraft and miller (1993) menyimpulkan gambaran visual dapat mengimplementasikan pada beberapa fase lingkaran instruksi. Itu berarti bahwa tanpa instruksi dari guru bagaimana cara menggunakannya grafik organizer tidak akan menjadi media pembelajaran yang efisien. Maka dalam menggunakan grafik organizer sebagai strategi belajar, akan lebih baik jika ada kerja sama antara guru dan siswa.

1.      Kelebihan dan kekurangan grafik organizer
Berdasarkan Hartman H. Dr (2002) kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan grafik organizer adalah sebagai berikut
Kelebihan grafik organizer
1.      Siswa dapat mengorganisasikan informasi dengan cara yang baik
2.      Siswa dapat merangkum informasi secara mudah
3.      Siswa focus pada hubungan antar informasi
4.      Siswa dapat mengungkapkan pendapat mereka secara mudah
5.      Siswa dapat membuat sebuah gambaran tentang topic utama
6.      Grafik organizer dapat digunakan sebagai media yang menyenangkan dalam mengidentifikasi informasi untuk mengembangkan materi
Kelemahan grafik organizer
1.      Hasil akhir tidak tercatat secara lengkap
2.      Siswa tidak dapat menuliskan kembali informasi secara lengkap
2.      Langkah-langkah metode grafik organizer
Menurut H ester Thomas (1999) berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunAkan grafik organizer
1.      Guru menjelaskan tentang grafik organizer dan cara menggunakannya
2.      Guru memberikan materi pada siswa
3.      Peserta didik memahami materi
4.      Peserta didik membuat grafik organizer secara individu/berkelompok
5.      Peserta didik menyampaikan grafik organizer yang dibuatnya

6.    Guru dan peserta didik tentang informasi dari materi dengan menggunakan bantuan grafik organizer

2 comments: