Friday, October 12, 2012

PTK UNIK DAN ORIGINAL

Saat blogwalking. penulis menemukan sebuah PTK (Penelitian tindakan kelas) yang cukup menyita perhatian. awalnya sih, sedikit tercengang. dalam hati mikir "aneh juga nie judul". tapi setelah penulis kaji lebih dalam ternyata PTK ini benar-benar unik dan original. terlebih pada strategi yang dipilih untuk melakukan treatment. si empunya PTK. Bu Rita Mutafiah guru biologi smp 2 amuntai utara. menggunakan strategi based student request.

" kayak radio aja" pake acara request. he..he...he. justru request itulah yang bikin unik. 

 

hampir sebagian besar para guru merancang perangkat pembelajaran tanpa melibatkan peran siswa sedikitpun. sehingga yang terjadi adalah mis understanding yang bahasa kampungnya "gak nyambung" antara strategi yang dirancang dengan minat dan bakat siswa. sehingga gak salah jika siswa lebih memilih ngobrol ketimbang belajar. 

 

berbeda jauh dengan kerangka pikir si empunya PTK. menurut dia siswa mesti diberi kesempatan untuk ikut dalam membuat perangkat belajar. treatment yang dikasih pun terbilang cukup unik. para siswa diberi kertas request sebelum memulai belajar. para siswa kemudian merequest strategi apa yang akan dipakai untuk belajar. kemudian hasil request dipilih 3 besar untuk dijadikan strategi yang dipakai pada proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. bener-bener mirip request lagu di radio. he....he.....he......

 

kembali ke masalah PTK. berdasarkan penelitian ternyata hasil dari strategi based student request ini cukup sukses mengatrol motivasi belajar siswa. Mereka lebih antusias dalam belajar. 

jika strategi ini ditopang dengan class management yang baik serta dibantu dengan layanan bimbingan konseling yang didorong dengan keadaan yang kondusif. tentu akan menciptakan output yang full motivasi sekaligus pintar dan berkarakter.


source : PTk Bu Rita Murtafiah

No comments:

Post a Comment